Tips Berwisata ke Pulau-Pulau di Sumatera Barat

Salah satu tempat wisata yang menyenangkan berlibur adalah pergi ke Pulau. Untuk Pulau-pulau yang ada di pesisir pantai padang, terdapat beberapa pilihan seperti Pulau Pagang, Suwarnadwipa Beach and Resort, Pulau Pamutusan, Pulau Sirandah, dan Pulau Pasumpahan. Masing-masing pulau tersebut mempunyai hamparan pantai dengan pasir laut yang berwarna putih dan lembut. deburan ombak , hamparan pasir laut serta hembusan angin laut menawarkan sensasi tersendiri bagi kita untuk berkunjung ke pantai. Ada beberapa tips agar kita merasa aman dan nyaman saat kita berkunjung ke pantai, sehingga waktu wisata kita benar-benar bisa kita nikmati sesuai dengan apa yang kita harapkan dan tidak mempunyai hambatan yang berarti, berikut beberapa tipsnya :

1.Mencari Informasi tentang tempat tujuan kita

Berusahalah mencari info tentang pulau tujuan kita, bagaimana akses menuju Pulau tersebut, darimana keberangkatannya, berapa lama perjalanan ditempuh, ketersedian penginapan di pulau, apakah penginapan tersebut sudah termasuk makan malam dan sarapan pagi.

2. Tentukan pilihan paket tour, One Day Trip atau atau paket menginap

Pertama-tama tentukan pilihan, mau bermalam di pulau atau hanya 1 day trip. Kalau 1 day trip
dalam satu hari biasanya Boboers bisa berkunjung ke beberapa pulau sekaligus, Untuk yang paket menginap hanya fokus eksplore di satu pulau. Akomodasi di pulau-pulau ini pun rata-rata, masih sangat sederhana cukup untuk sekedar beristirahat saja.

3. Pastikan harga paket tour

Setelah mendapatkan Agent yang akan mengurus perjalanan kita, pastikan harga paket tour yang kita pilih, dan dalam paket tour tersebut apa saja yang ditanggung dan biaya lain apa saja yang sekiranya ditambahkan.

4. Ingat jadwal keberangkatan

Perlu anda ingat bahwa untuk sampai ke Pulau-pulau yang ada di sekitar pantai Padang,membutuhkan jarak tempuh lebih kurang 40 menit dan jadwal keberangkatan pada pukul 09.00.

5. Bawa gadget atau kamera dan juga baterai cadangan

Untuk mengabadikan momen liburan anda, tentu kamera merupakan hal yang penting untuk anda bawa. Jangan lupa untuk membawa kamera dengan baterai penuh dan juga bawa baterai cadangan sehingga anda puas mengabadikan setiap liburan anda.

6. Jangan pergi sendirian

Menikmati keindahan pulau lebih menyenangkan bila dinikmati bersama-sama, ajaklah keluarga atau teman terdekat untuk bersenang bersama-sama menikmati keindahan pantai di pulau yang akan dikunjung, berjemur dan bermain-main air, wujudkan suasana kebersamaan dan keringan dengan melakukan sebuah permainan dan game atau berolah raga seperti voli atau sepak bola ataupun aktifitas outbound

7. Pergunakan pakaian berbahan ringan

Mengunjungi pantai dan berwisata ke pantai identik dengan berbasah-basahan, untuk itu pergunakan pakaian atau kaos yang mudah kering, hindari memakai pakaian berbahan tebal karena akan memperberatkan anda pada saat berenang atau bermain-main di sekeliling pantai. Usahakan untuk tidak berenang melebihi garis aman yang telah di tentukan oleh pengelola pantai.

8. Bawa pelindung matahari & sun block

Persiapkan segala perlengkapan untuk berwisata ke pantai, termasuk pelindung diri dari sinar matahari. Membawa kaca mata hitam, topi atau payung bisa menjadi pilihan untuk menghindarkan diri dari sinar matahari secara langsung. Namun pergunakan semua perlengkapan tersebut seperlunya, jika memang sudah dianggap matahari semakin terik bisa kita pergunakan, karena sinar matahari yang terlalu terik bisa mengakibatkan kulit kita terbakar.

9. Membawa sepatu berbahan karet

Bagi anda yang ingin melakukan snorkeling di pulau-pulau yang akan dikunjungi, dianjurkan untuk memakai sepatu berbahan karet karena terdapat beberapa karang-karang yang tajam.

10. Pilih waktu yang tepat untuk berjemur

Bila anda berkeinginan untuk berjemur, usahakan memilih waktu yang tepat hindari teriknya sinar matahari di siang hari. Waktu berjemur di pantai yang tepat adalah di pagi hari sampai dengan pukul 11.00 atau sore hari mulai pukul 15.00 sampai matahari tenggelam. Tak ada salahnya berlama-lama dengan siraman sinar matahari karena juga menyehatkan kulit, namun perlu diperhatikan juga bahwa teriknya matahari juga dapat membakar kulit kita. Pergunakan tabir surya atau sunblock secara berkala setiap 4 jam sekali jika berada di pantai seharian, ini akan menghindarkan kulit kita dari terbakar teriknya sinar matahari.

11. Membawa perlengkapan / kebutuhan tambahan

Ingatkan diri kita akan kebutuhan lain yang sekiranya kita perlukan sewaktu pergi ke pulau seperti, Handuk, Baju Ganti, makanan ringan, makanan khusus bagi anak, perlengkapan memancing bagi yang hobby memancing dan lain sebagainya.

12. Tetap berhati-hati & waspada

Disaat anda berjemur dan rileks di pantai tidak ada salahnya untuk tetap berhati-hati dan waspada terhadap sekeliling kita, jangan terlalu asyik memejamkan mata atau mendengarkan music melalui headset kita. Selalu perhatikan dimana barang-barang kita berada dan perhatikan juga apa ada binatang pantai di sekitar kita jangan sampai kita tersengat atau tergigit.

13. Berbilaslah segera setelah bermain air laut

Setelah puas bersenang-senang dan bermain air serta berenang, ada baiknya kita segera berbilas karena air laut banyak mengandung garam yang bisa menyebabkan alergi bagi yang belum terbiasa. Jangan berlama-lama dengan pakaian basah setelah bermain air di pantai di karena kandungan garamnya akan membuat kulit kita akan lebih kering. Berusahalah untuk berbilas di kamar yang mandi yang telah disediakan oleh pengelola untuk membasuh tubuh dengan air bersih dan benar-benar memastikan kandungan garam air laut tidak lagi menempel pada tubuh kita.

About the author

Memberikan berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh destinasi yang ada di Indonesia. Be more than just another traveler when you be Dolaners!!

Leave a Reply