Tips Berwisata Hemat ke Destinasi Impian di Indonesia

Traveling menjadi salah satu langkah yang banyak dipilih oleh sebagian orang untuk mengusir penat. Apalagi jika saban hari disibukkan dengan setumpuk pekerjaan dengan jadwal ekstra padat. Stres bisa jadi adalah hal yang kerap dirasakan setiap hari.

Bicara tentang traveling sendiri, beberapa orang punya destinasi impian. Rata-rata memilih keluar negeri dengan pertimbangan harga tiket tak jauh beda dengan destinasi domestik, tetapi dapat pengalaman berjumpa dengan beragam tempat dan latar budaya berbeda.

Namun, tak sedikit pula yang memilih liburan di dalam negeri karena pertimbangan tak ribet mengurus visa. Lagi pula dengan siasat yang tepat berwisata ke berbagai tempat impian di Indonesia kini bisa lebih hemat. Begini tips lengkapnya.

Tentukan Destinasinya

Liburan ke destinasi yang lebih popular biasanya punya kelebihan. Salah satunya adalah beragam promo maupun diskon yang ditawarkan, baik tiket masuk, penginapan hingga penerbangan. Namun, jika ingin tempat yang lebih tenang, cobalah menentukan lebih awal.

Sebab, ada kecenderungan wisata privat semacam itu perlu merogoh kocek lebih dalam. Misalnya, ke Pulau Weh, yang ada di Sabang. Selain perlu naik pesawat beberapa kali, resort yang ditawarkan juga punya harga yang tak murah. Jadi, akan lebih realistis jika menabung dari lama.

Budayakan Booking Jauh-Jauh Hari

Destinasi yang diimpikan boleh saja punya suguhan wisata menawan. Di mana pun itu budayakan untuk booking jauh-jauh hari. Baik hotel, penerbangan, hingga restoran jika ingin menikmati dinner romantis bersama pasangan. Selain bisa memastikan ketersediaan fasilitasnya, booking jauh-jauh hari juga lebih hemat biaya.

Hindari Penerbangan Transit

Semakin banyak tempat transit yang dilalui, maka semakin mahal biaya yang perlu ditekan. Itulah kenapa saat mau bepergian, terutama yang memang perlu naik pesawat, untuk menghindari penerbangan transit. Sebaliknya, pilihlah penerbangan langsung jika memungkinkan. Selain lebih terjangkau, juga lebih cepat sampai ke tujuan.

Tekan Biaya Transportasi & Akomodasi

Dua komponen, transportasi dan akomodasi, diakui maupun tidak menjadi penyumbang terbesar pengeluaran selama traveling. Inilah pentingnya menekan biaya untuk keduanya jika memang ingin merencanakan liburan hemat. Untuk penerbangan domestik misalnya, tak ada salahnya memilih kursi kelas ekonomi.

Toh yang penting sampai bukan? Lagipula sudah banyak maskapai domestik yang menyediakan camilan. Sementara untuk akomodasi bisa memilih hotel budget, hostel atau mungkin homestay. Hal yang paling penting akomodasi tersebut nyaman, walau tidak mewah. Kecuali memang ingin staycation, maka akan lain lagi ceritanya.

Manfaatkan Beragam Promo

Tips terakhir agar bisa liburan hemat ke destinasi impian di Indonesia adalah memanfaatkan beragam promo.

About the author

Memberikan berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh destinasi yang ada di Indonesia. Be more than just another traveler when you be Dolaners!!

Leave a Reply